Pembinaan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah di SMPN 3 Martapura dan SMPN 7 Karang Intan

Martapura,InfoPublik - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar melalui Bidang Perpustakaan melakukan Pembinaan pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis otomasi sekaligus monitoring penyelenggaraan perpustakaan ke SMPN 3 Martapura Kecamatan Martapura dan SMPN 7 Karang Intan Kecamatan Karang Intan, Kamis (22/9/2022).

Pembinaan ini dilaksanakan oleh Kasi Pembinaan, Data, Informasi Tenaga Perpustakaan Dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dedi Irawan, Pustakawan Muda Rokhmah, Pustakawan  Pelaksana Lanjutan / Mahir Rahmawati Hasanah dan Pengadministrasi Perpustakaan Muhammad Syahril Nazar.

Dihadiri masing-masing perwakilan sekolah, dari SMPN 3 Martapura oleh H. Rudi Ante selaku Kepala Sekolah, Siti Halimah dan Rusnani Helmi selaku Pengelola Perpustakaan Digital dan Lissa selaku Pengelola Perpustakaan. Sedangkan dari SMPN 7 Karang Intan dihadiri oleh Newy Kartini selaku Kepala Sekolah, Siti Rahimah Hajjah selaku Kepala Perpustakaan dan Jumratul Qibtiah selaku Pengelola Perpustakaan.

Lokasi pembinaan ini dilakukan di ruang Perpustakaan SMPN 3 Martapura yang mana juga sudah terdapat 1 buah unit komputer beserta dengan akses internet dan wifi yang dapat digunakan untuk mendukung keberlangsungan dari pengembangan otomasi perpustakaan, dan untuk lokasi pembinaan Perpustakaan SMPN 7 Karang Intan dilakukan diruang Tamu SMPN 7 Karang Intan yang mana juga sudah tersedia  laptop untuk pengelolaan perpustakaan yang sudah terhubung dengan jaringan lokal dalam memudahkan penginputan bahan pustaka, OPAC, buku tamu dan lain-lain.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan pengolahan perpustakaan sekolah dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi Inlislite.

Melalui pembinaan ini diharapkan pengelolaan perpustakaan sekolah semakin meningkat dan perpustakaan sekolah dapat berkembang sehingga memberikan kebermanfaatan bagi peserta didik pada khususnya dan warga sekolah pada umumnya. (IP. Kab. Banjar/Brigade/Dispersip)


Komentar