Lintasi Waduk Riam Kanan, Jempol Pelanduk Layani Warga Artain

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melaksanakan kegiatan Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) bagi warga desa Artain Kecamatan Aranio, Selasa (5/3/2024).

 

Kegiatan Jempol Pelanduk ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 4-5 Maret bertempat di balai Desa Artain dengan tujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi warga yang ingin mengurus serta mendapatkan dokumen kependudukannya.


 


Desa Artain merupakan salah satu desa di Kecamatan Aranio, yang terletak kurang lebih 25 km dari Kecamatan Aranio. Untuk mencapai desa ini dengan cepat, maka akses transportasi yang mudah adalah melalui jalur air dengan menggunakan dengan kapal dari dermaga Tiwingan, Riam Kanan.

 

Rishan Deny Setiawan selaku koordinator Jempol Pelanduk menjelaskan bahwa Jarak yang jauh dari Kota Martapura khususnya titik pelayanan adminduk itulah yang membuat masih banyak warga desa yang belum memiliki dokumen kependudukan, sehingga kehadiran Tim Jempol Pelanduk selain menghadirkan pelayanan adminduk langsung kepada masyarakat, juga memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan seperti KTP Elektronik, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan dokumen lainnya yang bisa didapatkan oleh warga secara langsung.

 

"Sebenarnya kesadaran masyarakat Desa Artain terhadap pentingnya memiliki dokumen kependudukan sudah cukup bagus, ini terlihat dari antusiasme mereka terhadap kehadiran Tim Jempol Pelanduk. Hanya saja mungkin karena jarak yang jauh serta sarana transportasi yang terbatas membuat mereka kesulitan untuk mengurus dokumen dokumen kependudukan mereka selama ini." ujar Rishan.

 

Dibantu oleh aparat desa yang turun langsung dan ikut membantu, pelayanan administrasi kependudukan dapat terlaksana dengan lancar meskipun beberapa kali ditemukan kendala pada jaringan internet dan system. Hal ini juga yang membuat pelayanan tetap berlanjut hingga malam hari.

 

Solpiqurrahman Kepala desa Artain juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Jempol pelanduk karena telah menghadirkan pelayanan langsung kepada warganya sehingga sangat memudahkan dan diharapkan bisa menciptakan tertib administrasi kependudukan di Desa Artain.

 

"Jempol Pelanduk ini sangat membantu dalam percepatan mendapatkan dokumen kependudukan warga, harapannya agar pelayanan ini terus dilaksanakan khususnya bagi kami yang berada di pelosok, akses yang jauh dan perlu biaya lebih membuat kami agak kesulitan untuk datang ke Martapura," ungkap Solpiq.

 

Senada dengan hal tersebut Muhyani warga desa Artain menuturkan sangat merasa terbantu dalam mendapatkan dokumen kependudukan yang diperlukannya yaitu akta kelahiran untuk anaknya dan kartu keluarga yang terbaru.

 


"tanpa harus ke Martapura, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun kami sudah bisa mendapatkan akta kelahiran dan kartu keluarga dengan cepat. Ini sangat membantu kami.” tutur Muhyani.

 

Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan atau yang biasa disingkat Jempol Pelanduk akan terus dilaksanakan dengan target lokasi kegiatan yang telah ditentukan melalui data cakupan kepemilikan dokumen kependudukan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI sehingga kegiatan ini dapat lebih terarah dan efektif dalam meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan. (IP Kab. Banjar/Brigade Disdukcapil)


Komentar