Hari Kedua, Seni Budaya Islam Digelar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar mengadakan Pagelaran Seni Budaya Islam Dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional 2021 pada hari kedua kali ini, di Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Sabtu (23/10/2021) Pagi.

Peringatan Hari Santri 2021 dibuka secara resmi oleh Bupati Banjar H. Saidi Mansyur, Jumat, (22/10/2021) sore lalu, dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al- Habsyie, Sekda Banjar H.M Hilman, Forkopimda Banjar, Ketua MUI Kabupaten Banjar KH Muhammad Husein, Ketua Tanfidziyah NU Kabupaten Banjar Nuryadi, Para Kepala SKPD Banjar dan sejumlah ulama serta para santri.

Peringatan Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar Tahun 2021 mengusung tema “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya”, dan diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan dan mengembangkan bakat dan kompetensi para santri dan santriwati agar para santri bisa memiliki peran mengisi pembangunan daerah disegala sektor.

Acara yang berlangsung tiga hari sejak jumat, tanggal 22 oktober hingga minggu tanggal 24 oktober mendatang ini di meriahkan dengan berbagai lomba, diantaranya : Lomba Musabaqoh Qiro’atul Kutub, Lomba Pidato Bahasa Arab, Lomba Musabaqoh Tilawatil Qurán, dan Festival Maulid Habsyi. 

Pada hari kedua ini di selenggarakan dua cabang lomba yaitu Lomba Pidato Bahasa Arab, dan Lomba Musabaqoh Tilawatil Qurán . dan peserta yang mengikuti lomba ini merupakan santri dan santriwati dari pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Banjar, dengan peserta yang mengikuti lomba tersebut yaitu : Lomba Musabaqoh Qiro’atul Kutub ada 20 peserta, Lomba Pidato Bahasa Arab ada 23 orang, Lomba Musabaqoh Tilawatil Qurán ada 28 orang, dan Festival Maulid Habsyi ada 12 orang.

Lomba-lomba ini dibagi menjadi dua tempat penyelenggaraan, yaitu tempat penyelenggaraan yang pertama di Aula Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar dan tempat yang kedua di Panggung Utama Alun-alun Ratu Zalecha Martapura.

Peserta dan pendamping serta panitia dalam lomba-lomba ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

Pengumuman pemenang atau juara dari hasil lomba yang berlangsung tiga hari ini nantinya akan di umumkan pada penutupan besok harinya tanggal 23 Oktober 2021 di Panggung Utama Alun-alun Ratu Zalecha Martapura.

(MC Kominfo Kab.Banjar/Melda/Fahrizal)


Komentar