Amankan Dua Ular Cobra, DPKP Banjar Edukasi Warga

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar mengamankan dua ekor ular berjenis Cobra atau Naja Sapitatrik di kecamatan Kertak Hanyar dan Martapura, Rabu (20/3/2024).

Adapun penemuan ular pertama berlokasi di di Jalan Pasar Kamis RT. 01 RW. 01 Desa Pasar Kamis Kecamatan Kertak Hanyar dan yang kedua di Jalan Sasaran No.28 RT.2 RW.1, Keraton, Martapura.

Ular berukuran 1 meter tersebut ditemukan di rumah warga atas nama Imul dan Ahmad Rifki.

Imul menerangkan saat itu sedang berjualan seperti biasa di kiosnya, namun saat mau mengambil pengembalian ada ular di kolong meja. 

Sedangkan Ahmad Rifki mengatakan saat itu ingin membersihkan pakaiannya, saat mau mengambil 1 lembar pakaian mendengar lah suara desisan, benar saja itu adalah ular. Dan langsung melapor petugas DPKP Banjar.

Kabid Pemadaman Penyelamatan Evakuasi dan Sapras M. Kasyaf R membenarkan ada dua laporan masuk terkait adanya ular masuk ke dalam rumah warga.



"Betul ada dua laporan pertama di Kertak Hanyar dan kedua di Keraton Martapura, kami menerjunkan petugas ke lokasi melakukan penangkapan ular berjenis cobra tersebut," ujar Kasyaf.

Lanjutnya, berbekal alat dan kemampuan petugas berhasil mengamankan dua ular tersebut dan nantinya kita simpan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan ke kawasan yang jauh dari penduduk.

"Selain itu kita jua mengedukasi masyarakat sekitar bagaimana menangani hewan liar dan pencegahan hewan masuk ke dalam rumah," tutupnya. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/REGUGAMBUT/SAY17) 


Komentar