Dishub Banjar Sambut Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Kabupaten HST

Martapura, InfoPublik - Dinas Perhubungan Banjar sambut Kunjungan Kerja Komisi III DPRD Hulu Sungai Tengah di Aula Rukun Rakat Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Jumat (12/8/2022).

Dari DPRD Kabupaten HST dipimpin langsung oleh Hermansyah yaitu Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten HST dan disambut langsung oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Bapak Slamet Rianto.

Hermansyah menyampaikan maksud tujuan kunjungan Kerja terkait Program dan Kegiatan yang ada Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Pengelolaan Marka di Kabupaten Banjar dan Kerja Sama (MoU) Sumber Daya Manusia Perhubungan dengan Sekolah Kedinasan Perhubungan.

Slamet Rianto menyambut baik atas kunjungan kerja dari DPRD agar bisa saling sharing terkait Progam dan Kegiatan Dishub dan terkait SDM Perhubungan yang ada Dishub Banjar yang selaras dengan Renstra Dishub untuk mencapai Pemerintahan Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri Agamis (MANIS).

Riyantoni selaku Kepala Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat menyampaikan bahwa di Dishub terdapat Program Pengelolaan Penyelenggaraan LLAJ dan Pengelolaan Pelayaran. 

Dikatakannya, Adapun kegiatan yang menjadi fokus perhatian yaitu Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, khususnya terkait pengelolaan Marka di wilayah Kabupaten Banjar Dishub selalu berkoordinasi dengan PUPR agar tidak terjadi overlay disaat dilakukan pengadaan marka jalan. 

"Selain itu penanganan pada daerah-daerah rawan kecelakaan agar terpenuhinya fasilitas keselamatan dan perlengkapan jalan, baik berupa rambu, marka jalan dan pengendalian operasional lalu lintas (dalops) juga menjadi fokus perhatian Dishub Banjar," ujar dia.

Fachrurrozi, S.Tr.Tra yang merupakan alumni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi menjelaskan terkait Kerja Sama (MoU) Pemerintah Kabupaten Banjar dengan STTD Bekasi terkait Pola Pembibitan Putra/i Daerah Kabupaten Banjar dalam rangka Pemenuhan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Di Bidang Perhubungan Darat.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar merupakan Kabupaten Pertama di Provinsi Kalimantan Selatan yang melakukan Kerja Sama (MoU) dengan STTD Bekasi dari tahun 2015 dengan kebutuhan sebanyak 10 orang lulusan dan dilakukan adendum tahun 2019 dengan kebutuhan lulusan sebanyak 26 orang lulusan, yang mana sekolah tinggi tersebut merupakan sekolah kedinasan dibawah naungan BPSDMP Kementerian Perhubungan. Sehingga putra/i  yang lulus dari pendidikan tersebut akan kembali dan menjadi CPNS ke daerahnya.

Dari Komisi 3 DPRD Kabupaten HST pun sangat tertarik agar Pemerintah Daerahnya dapat melakukan kerja sama tersebut untuk meningkatkan SDM di bidang perhubungan darat di Pemerintahan Kabupaten HST kedepannya.

Turut hadir pada acara kunjungan kerja tersebut anggota Komisi III DPRD Kabupaten HST dan jajaran Dinas Perhubungan. (IP Kab. Banjar/Brigade DISHUB/Ozi)


Komentar