Disdukcapil Aktivasi Identitas Kependudukan Digital Prajurit Kodim Banjar

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) gencar memberikan pelayanan keliling aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Setelah beberapa waktu yang lalu melakukan pelayanan ke berbagai instansi, kali ini Disdukcapil Kabupaten Banjar datang memberikan Layanan bagi Anggota TNI yang berada di Kodim 1006/Banjar, Selasa (19/3/2024). 


Kegiatan pelayanan aktivasi IKD ini dilaksanakan selama 1 hari bertempat di aula Kodim 1006/Banjar.

Antusiasme anggota TNI dalam mengaktivasi IKD sangat luar biasa, dalam suasana puasa, mereka silih berganti rela mengantri untuk menyelesaikan pembuatan IKD nya. 

Suprihani selaku koordinator pelayanan menyampaikan tujuan dibuatnya IKD adalah untuk memastikan bahwa teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian integral dari upaya digitalisasi kependudukan. 

"Dengan adanya IKD akan mempermudah mengakses dan memanfaatkan data kependudukan," ucap Suprihani. 

Ditambahkannya Informasi seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan dokumen penting lainnya dapat diakses secara digital, memudahkan penduduk dalam mendapatkan akses ke layanan pemerintah dan nonpemerintah. 

"Hal ini tidak hanya mencakup penyimpanan data identitas, tetapi juga proses administrasi kependudukan yang lebih efisien. Oleh karena itu, dengan adanya aktivasi IKD dilingkup TNI ini, maka akan mendapatkan banyak manfaat, khususnya yang berada jauh diluar domisili kependudukannya," jelasnya.


Suprihani berharap bagi pemilik IKD dapat dengan mudah dan cepat membuktikan identitasnya dalam berbagai situasi melalui verifikasi data identitas yang terkandung di dalamnya.

"Kegiatan layanan di wilayah Kabupaten Banjar akan terus dimaksimalkan sehingga bisa mencapai target nasional tentang aktivasi IKD," tutupnya. 


Komentar