Dinsos P3AP2KB Banjar Launching DASHAT dan Minilok di Kecamatan Astambul

Martapura, InfoPublik - Untuk melaksanakan percepatan penurunan stunting melalui peran aktif koordinasi dan kerjasama dari lintas sektor serta untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat melalui pendekatan konvergensi kampung kb di tingkat desa/kelurahan.

Dinsos P3AP2KB Kab Banjar melalui Bidang KB melaksanakan kegiatan Launching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) serta Mini Lokakara Stunting di Kecamatan Astambul, turut hadir Ahmad Fauzi Camat Astambul, H. Sukasto Sekretaris Dinsos P3AP2KB Kab Banjar, Kapolsek, Babinsa, Kepala Puskes Astambul, Ahli Gizi, Koordinator PKB, Penyuluh Kb serta TPK yang terdiri dari Bidan, Kader PKK dan KB, Senin (24/10/2022) di aula Kecamatan Astambul,

Acara dibuka oleh Camat Astambul, beliau menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten yang senantiasa memberi arahan untuk bagaimana stunting ini bisa kita kurangi.

“Kami sangat menyambut baik program itu, program  ini sangat memberikan arti penting untuk nanti kami implementasikan ditengah-tengah masyarakat dan di Kecamatan Astambul sendiri semoga kedepannya bukan hanya kita tekan tapi juga dihapuskan di wilayah kita, dan kami dalam hal ini mendukung penuh program-program dari pemerintah untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat”, ungkap dia.

Sementara H. Sukasto dalam sambutannya juga menyampaikan, kesempatan untuk mencegah stunting ada pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Ia juga mengatakan, kunci sukses dalam pencegahan stunting ialah pemenuhan gizi seimbang pada Ibu hamil dan menyusui.

"Kesempatan untuk mencegah stunting itu ada pada 1.000 HPK dan kunci sukses untuk tidak stunting adalah gizi seimbang dan gizi seimbang itu tidak mahal,  tapi kuncinya adalah makanan yang lengkap dari protein, karbohidrat dan lainnya," jelas dia.

Ia juga mengimbau agar masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan untuk ditanami sayur-sayuran dan buah buahan.

Sukini Kasi Bina Kesertaan KB dan KR selaku narasumber, dalam kegiatan tersebut menerangkan bahwa DASHAT ini adalah kegiatan bersama yang dikelola oleh ketua PKK dengan melibatkan kader dan berkoordinasi dengan ahli gizi di puskesmas, jadi pengolahannya oleh PKK dan pendistribusiannya oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) sehingga tepat sasaran yakni untuk Bumil sampai Balita. (IP Kab. Banjar/agus/rahman brigade dinsos p3ap2kb)


Komentar