Damkar Kabupaten Banjar Ikuti Upacara Tingkat Nasional HUT Ke-102 Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Tahun 2021 Secara Virtual

Martapura, InfoPublik - Upacara Tingkat Nasional HUT ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun 2021 dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta secara virtual diikuti Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.
Termasuk Pemerintah Kabupaten Banjar juga mengikuti upacara tersebut di Command Center Barokah Martapura dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra H.Masruri beserta Jajaran Damkar Kabupaten Banjar, Senin (1/3/2021) pagi,

Mendagri RI Tito Karnavian selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Upacara HUT ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun 2021 ini dalam suasana pandemi Covid-19,berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tema HUT Pemadam Kebakaran  tahun ini adalah Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru,dari tema ini Pemadam Kebakaran tetap melayani Masyarakat walaupun masih pandemi Covid-19,karena kebakaran tetap terjadi pada masa pandemi ini,"katanya.

"Kita harus tetap bekerja untuk melaksanakan tugas pokok itu,beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan menggunakan perlengkapan-perlengkapan tertentu,seperti korbannya ada yang terkena positif Covid-19,menyelamatkan masyarakat yang sedang menghadapi kebakaran atau bahaya-bahaya lain dalam situasi Covid perlu melakukan adaptasi bagi petugas pemadam kebakaran sendiri untuk melakukan proteksi supaya tidak tertular Covid-19 seperti menggunakan masker dan lain-lain,"ucapnya.

Tito Karnavian berharap kepada rekan-rekan pemadam kebakaran yang memiliki jaringan cukup luas,anggota terlatih,memiliki peralatan dan lain-lain dapat membantu Pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan di masyarakat seperti memakai masker,mencuci tangan pakai sabun,menjaga jarak,dan menghindari kerumunan.

"Selain bertugas untuk memadamkan kebakaran,pemadam kebakaran juga mengandung misi penyelamatan meskipun ada badan-badan lain yang mengerjakan itu dan proaktif dalam pencegahan terjadinya kebakaran,"harapnya.

Setelah upacara selesai Tito Karnavian menyapa Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota secara virtual,salah satunya Pj.Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal.

Pj.Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal menyampaikan dari aspek kelembagaan semua Kabupaten/Kota dan Provinsi telah memiliki kelembagaan pemadam kebakaran dan terus berupaya meningkatkan kemampuan petugas pemadam kebakaran.

Adapun untuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Selatan,Safrizal melaporkan untuk hari ini masih zero hotspot,dan berharap terus bisa dipertahankan dan mulai besok siaga karhutla tahun 2021.(Reporter/kominfo/Banjar/Rif'ah)


Komentar