Kurangi Dampak Bencana, BPBD Tanam Pohon Bersama Pascabanjir di Desa Handil Purai

Martapura, InfoPublik - Sebagai bagian dari upaya pemulihan pascabanjir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, bekerja sama dengan koordinator alumni Institute Pertanian Bogor (IPB) serta KKN IAIN Darussalam Martapura, melaksanakan penanaman pohon.

Penanaman pohon tersebut dilaksanakan di  Desa Handil Purai kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Jumat (8/3/2024).

Sebanyak 200 peserta dari berbagai unsur, termasuk aparat kecamatan Beruntung Baru, TKSK Kecamatan Beruntung Baru, Bhabinsa, dan BPBD Kabupaten Banjar, bergotong-royong menanam bibit pohon. 

Adapun jenis pohon yang ditanam mencakup Sphatodea (75 batang), Rambutan (50 batang), Tabebuya (25 batang), dan Jengkol (50 batang), dalam upaya untuk memulihkan ekosistem setempat. Adapun bibit pohon di peroleh dari kerja sama dengan KLHK Provinsi Kalimantan selatan.

"Kegiatan ini menjadi simbol kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan tinggi dan masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak bencana," ucap Kalak BPBD Banjar Warsita ditempat terpisah.

Diharapkan, penanaman pohon ini tidak hanya memberi manfaat ekologis, tetapi juga memperkuat kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan bagi keberlanjutan hidup bersama.

Lanjut Warsita, dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan, kegiatan ini juga menjadi momentum edukasi yang berharga. Melalui partisipasi aktif dan kolaborasi yang solid, diharapkan Kabupaten Banjar dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya pelestarian lingkungan dan penanggulangan bencana.

"Penanaman bibit pohon ini adalah salah satu bentuk mitigasi atau pencegahan terhadap musibah angin puting beliung. Selain itu kegiatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dalam menghadapi bencana," pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar