Sembilan Desa di Kabupaten Banjar Akan Dapatkan Bansos Pamsimas

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) menggelar rapat koordinasi untuk membahas penentuan Desa Bantuan Sosial Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun 2024, Kamis (27/3/2024).

Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Herlina Maulidah mengatakan Pamsimas merupakan program pemerintah pusat meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran kota (peri-urban).

"Adapun beberapa hal yang perlu dipastikan supaya tidak terjadi permasalahan kedepannya dari sisi kesiapan kelembagaan yang aktif, kesiapan sharing dana desa sebesar 10% dan diperlukan peran serta masyarakat desa dalam hal kesadaran untuk memelihara asset program bantuan pemerintah," ujar Herlina.

Pada rapat ini, Herlina menambahkan ada sembilan desa disepakati menerima program hibah bansos Pamsimas dengan sesuai kertas kerja Pokja PKP sektor air serta harus sesuai petunjuk teknis bansos Pamsimas.

"Desa penerima Bansos program Pamsimas diprioritaskan kearah pengembangan, peningkatan sedangkan untuk pembuatan atau penambahan baru diarahkan pembiayaannya pada dana alokasi khusus APBN," terangnya.

Adapun sembilan desa penerima hibah bansos Pamsimas yaitu Desa Mangkalawat Kecamatan Mataraman, Desa Tanah Intan dan Sungkai Kecamatan Simpang Empat, Desa Sungai Pinang Baru dan Desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk, Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Desa Belangian Kecamatan Aranio, Desa Tambak Baru Ulu Kecamatan Martapura Timur, Desa Abirau Kecamatan Karang Intan.

Hadir pada kegiatan ini perwakilan SKPD terkait, PT Air Minum Intan Banjar dan Fasilitator Pamsimas. (Bappedalitbang)


Komentar