Dinas Damkar Banjar Evakuasi Ular Sepanjang ± 5 meter

Petugas Damkar Banjar berhasil menangkap ular phyton/sanca batik berukuran ± 5 meter, di Jalan Melati RT.4 Desa Bincau Kecamatan Martapura Kota, Jumat (18/10/2023).



Ular pertama kali dilihat Muhammad Alfiannor saat melepas ternak miliknya.

"Saat itu saya sedang memberi makan ternak, sudah selesai memberi makan, baru dilepas disekitaran belakang rumah, kemudian beberapa saat kemudian mendengar suara gaduh ternak saya, saat memeriksa ternak ada ular disana," ujar Alfiannor

Dikatakan Alfiannor mengetahui kejadian tersebut langsung melapor ke Dinas Damkar Banjar.

Tak berselang lama tim Animal Rescue DPKP Banjar datang.

Kabid Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Sapras Kab Banjar M. Kasyaf R mengatakan, info masuk sekitar pukul 08.07 Wita. 

"Saat itu, infonya ada ular berukuran ± 5 meter berada di sekitar kandang ternak warga," ujar Kasyaf.

Dikatakannya, Tim Animal Rescue Damkar Banjar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan.

"Sesampainya di lokasi Petugas Damkar melakukan penyisiran terlebih dahulu, kemudian ditemuilah ular berada di sela bambu, Petugas pun segera membersihkan baru berhasil menangkap ular tersebut. Kami berhasil menangkap ular sanca batik beserta ± 40 telur yang siap menetas dan juga diketahui ular sudah memangsa 2 ekor ayam miliknya sebelumnya, selesai penanganan pukul 11.14 wita," tutur dia.

Setelah ular berhasil diamankan kemudian dikarantina ke Mako Damkar, nantinya dilepaskan liarkan jauh dari permukiman, tambahnya, petugas memberikan edukasi kepada warga di lokasi agar terhindar dari bahaya ular. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/PELETON3/SAY17) 


Komentar