Disdik Banjar Gelar Bimtek Pengembangan Kompetensi Guru SMP 2025

BANJARBARU, InfoPublik - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar melalui Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru jenjang SMP Tahun 2025, di Fave Hotel Banjarbaru, Selasa (2/6/2025).

 

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Disdik Kabupaten Banjar, Liana Penny, Ia menyampaikan pentingnya peningkatan kompetensi guru sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Banjar.

 

“Guru adalah ujung tombak dalam mencetak generasi penerus yang unggul dan berdaya saing. Melalui kegiatan Bimtek ini, kami berharap para guru dapat mengembangkan kemampuan pedagogik dan profesionalnya secara berkelanjutan,” ujar Liana Penny.

 

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh para guru SMP dari berbagai sekolah di wilayah Kabupaten Banjar, dan dirancang untuk memberikan pemahaman serta keterampilan praktis dalam menerapkan strategi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan perkembangan kurikulum terkini.

 

Selain materi pedagogik, peserta juga mendapatkan pembekalan terkait penguatan kompetensi profesional, termasuk penguasaan materi ajar, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, serta pengembangan diri sebagai tenaga pendidik.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program strategis Disdik Kabupaten Banjar dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidik.

 

Kegiatan diikuti 104 peserta yang terdiri dari 10 pengawas, 18 Kepala Sekolah dan 76 guru ini berlangsung dengan penuh semangat.

 

Adapun narasumber kegiatan ini Kadisdik Banjar dengan materi peningkatan kompetensi guru mengurangi angka ATS agar IPM kabupaten Banjar meningkat, Iriani Bakti Dosen ULM tentang ATS dan apa saja kompetensi pedagogik serta profesional, Prof. Dr. Atiek Winarti Guru Besar ULM materi kompetensi profesional guru dan tantangannya dan Dr. Arif Sholahuddin Dosen ULM materi strategi meningkatkan Kompetensi Pedagogi dan Profesional. 


Komentar