Pambakal Desa Simpang Tiga Apresiasi Program Pengabdian DPRTM Universitas Lambung Mangkurat

Pemerintah Desa Simpang Tiga menyatakan apresiasinya terhadap Program Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Tim Dosen Fakultas MIPA Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam rangka pemberdayaan kemitraan masyarakat.

Acara ini dikemas dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Hotel Rodhita Banjarbaru pada Selasa, 8 Oktober 2024 dengan tema "Gerakan Cinta Statistik: Peningkatan Kompetensi Kader Posyandu dan PKK Desa Simpang Tiga dalam Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak."

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian DRTPM (Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat) yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat di Desa Simpang Tiga, Kabupaten Banjar. Dalam pemaparannya, Dewi Anggraini selaku Ketua Tim DRTPM menjelaskan maksud dan tujuan program ini, serta memperkenalkan sistem yang dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di desa tersebut, yaitu SIHAT SIGAR (Sistem Integrasi Kesehatan Terpadu Desa Simpang Tiga Kabupaten Banjar).

Pambakal Simpang Tiga menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dan kontribusi Universitas Lambung Mangkurat dalam meningkatkan kompetensi para kader Posyandu dan PKK melalui program ini. Menurutnya, program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Simpang Tiga, terutama dalam upaya memantau kesehatan ibu dan anak di wilayah tersebut.

"Kami berharap program seperti ini dapat terus berkelanjutan karena sangat mendukung peningkatan kesehatan dan kesejahteraan warga, kami berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi Kader Posyandui dan PKK Simpang Tiga. Kami juga berharap tindak lanjut terhadap pelatihan yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 28 Oktober kedepannya," ungkap Pambakal.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan PKK Provinsi Kalimantan Selatan, Perwakilan DPD IPEKB Provinsi Kalimantan Selatan, Camat Mataraman, Pambakal serta perangkat Desa Simpang Tiga.

Dengan adanya sinergi antara pemerintah desa, perguruan tinggi, dan masyarakat, diharapkan program ini dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup warga Desa Simpang Tiga, khususnya dalam aspek kesehatan ibu dan anak.


Komentar