PKBM Alhidayah Gambut Aktif Meningkatkan Kapasitas Pengelolaan SPNF

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar laksanakan peningkatan kapasitas Pengelola Satuan Pendidikan non Formal (SPNF), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se Kabupaten Banjar di Hotel Aeris Banjarbaru, Kamis (10/10/2024).

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dari 8 - 10 Oktober 2024. Sebagai sasaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar menghadirkan 65 orang dari 28 SKB/PKBM se Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Hj. Liana Penny menyampaikan, bahwa Kabupaten Banjar adalah Kabupaten yang agamis dan unik karena banyak warga menyekolahkan anaknya di pondok diniyah.

"oleh karena itu kita ambil bagian mengajak agar bisa bergabung merasakan pendidikan sama dengan non formal. Angka rata-rata sekolah Kabupaten Banjar 7.94 persen, masih setara kelas 2 SLTP. Ketika anak kita masuk dunia kerja mengharuskan punya ijazah, Itulah pentingnya SPNF," ujarnya.

Liana Penny dengan peningkatan kapasitas ini pengelola mengetahui dan memahami tugas dalam satuan pendidikan non formal, membangun jejaring, memahami manejemen untuk menciptakan SPNF yang bermutu dan berkualitas, dapat membuat dan media sosial sebagai sarana sosialisasi dan publikasi satuannya masing-masing.

Dalam kegiatan peningkatan kapasitas ini menghadirkan narasumber Entrepreneurship Training Businiss dan Communication Training Institute (BCTI) Ir. Toni menyampaikan tentang Leadership Development.

Disampaikan diantaranya,  kepemimpinan dan komunikasi aktif, hubungan yang baik, memiliki mindset yang positif dan dinamis, performa pemimpin.

Juga disampaikan bahwa SPNF yang bermutu dan berkualitas ada empat ciri utama : 1. Pembelajaran yang berfokus pada murid, 2. Pendidik refliktif, gemar belajar, berbagi, berkolaborasi. 3. Iklim sekolah yang aman, 

Bagian akhir menampilkan narasumber dari  Komunitas Belajar Id Artoni Yahya yang menyampaikan cara memanfaatkan media sosial sarana sosialisasi dan publikasi SPNF. Di antara membuat Profil Lembaga Pendidikannya masing-masih di Google Situs.

Hairudin dari PKBM Alhidayah Kecamatan Gambut merasa senang dan berperan aktif dalam kegiatan ini.

Ia bersyukur dan berterima kasih mendapatkan materi pembelajaran dalam latihan Peningkatan Kapasitas Pengelola Satuan Pendidikan non Formal tersebut. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar