TK PEDESAAN Martapura Sambangi Dinas Damkar Banjar Pelajari Pencegahan Kebakaran Sejak Dini

Pengetahuan kesiapsiagaan bukan hanya dilakukan saat dewasa, tapi juga diberikan pemahaman edukasi sejak dini terhadap anak.


Dalam hal ini Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar melaksanakan edukasi pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran kepada anak-anak 
TK PEDESAAN MUTIARA, Senin (30/9/2024).

Menurut, Kabid Pencegahan Gusti Yudhi kegiatan ini sebagai langkah awal memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran. 

"Selain itu kami juga memberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran dan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan dan lain-lain," ujar Yudhi

Yudhi menuturkan kesiapsiagaan sejak dini sangat penting, karena anak diberikan mindset untuk saling membantu dan tolong menolong ketika ada kebencanaan sampai dewasa kelak.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini kita dapat memberikan edukasi dan menumbuhkembangkan anak untuk saling membantu," harap Yudhi

Yudhi juga mengajak anak anak sekolah PAUD/TK bersama-sama belajar pengetahuan pencegahan kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar.

Pada kegiatan ini tim DPKP Banjar memberikan edukasi, bukan hanya untuk anak saja, guru dan orang tua siswa juga bagaimana mengambil posisi siaga dalam memadamkan api.

Dilanjutkan dengan Pengenalan alat – alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran dan bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran.

Kemudian dilanjutkan materi tentang tentang peralatan pemadaman api baik yang tradisional maupun modern dalam hal ini Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan cara penggunaannya, kegiatan diakhiri dengan praktik pemadaman api baik secara tradisional menggunakan karung goni maupun secara modern menggunakan APAR. (Brigade DPKP/BIDPENCEGAHAN/SAY17)


Komentar