Dinsos P3AP2KB Gelar Sosialisasi Data Kesejahteraan Sosial di Kecamatan Gambut

GAMBUT, InfoPublik - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar laksanakan Sosialisasi Data Kesejahteraan Sosial dan Informasi Sosial Tahun 2024 di Aula Kecamatan Gambut, Rabu (25/9/2024).

Acara dibuka  Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Aswadi. Ia menjelaskan pengertian dasar dan penjelasan mengenai Pengertian Puskesos.

"Puskesos adalah lembaga yang berfungsi untuk memberikan pelayanan Sosial kepada Masyarakat di tingkat Desa/ Kelurahan," ujar Aswadi.

Selain itu Aswadi menjelaskan Puskesos terintegrasi dengan pusat Kesejahteraan Sosial Kabupaten melalui Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di Kabupaten Banjar. SLRT berada di dua tempat yaitu di MPP Gedung Juang dan MPP Kecamatan Gambut.

Sementara itu Narasumber Kasi Data dan Informasi Sosial Novi Kartiana mengenai Data Kemiskinan di Kecamatan Gambut dan Kertak Hanyar sebelum dan sesudah validasi dan verifikasi, kemudian penginputan pada aplikasi SIKS-NG. Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), yaitu aplikasi yang digunakan untuk menginput dan memperbarui data kemiskinan di setiap desa dan kelurahan.

Dijelaskan juga mengenai program PBI atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang peruntukan untuk warga kurang mampu.

Sosialisasi dihadiri oleh Camat Gambut Ahmad Fauzan, Kasi Kessos Erma Maulida, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Gambut Maria Ulfah,  Pambakal/ Lurah se Kec Gambut dan Kertak Hanyar beserta aparat Desa atau Kasi yang menangani Puskesos. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin)


Komentar