Tim Monitoring dan Evaluasi Paramasan Awasi Pengelolaan Dana Desa di Angkipih

PARAMASAN, InfoPublik - Dalam rangka pembinaan dan pengawasan pengelolaan penggunaan Dana Desa Kecamatan Paramasan bersama Timnya melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi di Desa Angkipih.

Hadir dalam acara tersebut Camat Paramasan Muhammad Farid, Babinsa Wardiono, Pendamping Kecamatan Rudiansyah, Pendamping Desa Akli, Anggota BPD, Pambakal Angkipih Ahmad Riadi Beserta jajarannya, di Balai desa setempat, Jumat (20/9/2024).

Camat Paramasan Muhammad Farid dalam sambutannya menyampaikan acara ini terlaksana atas dasar Permendes nomor 7 Tahun 2023 tentang prioritas penggunaan Dana Desa dan Permendes nomor 13 Tahun 2023 tentang Petunjuk Operasional Atas Fokus Penggunaan Dana Desa Tahun 2024.

"Fokus penggunaan Dana Desa diutamakan untuk mendukung penanganan kemiskinan Bantuan Langsung Tunai (BLT) maksimal 25% dari pagu Dana Desa. Program Ketahanan Pangan dan hewani paling sedikit 20% dari pagu dana Desa," terangnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pengecekan fisik realisasi pembangunan pipanisasi air bersih sepanjang 2.000 meter di RT  06 dengan biaya dari Dana Desa sebesar Rp 183 juta, rehab jembatan gantung lebar 3 meter panjang 40 meter dengan biaya sebesar Rp 350 juta, rehab teras kantor Desa sebesar Rp 24 juta, rehab jembatan poros di RT.02 lebar 4 meter panjang 4 meter sebesar Rp 160 juta bahan kayu Ulin dan pembagian BLT sebanyak 30 orang tiga kali sebesar Rp 81 juta.

Sementara Kasi Pemberdayaan Masyarakat Disransyah menambahkan, kedatangan pihaknya dalam rangka monitoring proses penilaian kemajuan suatu kegiatan dan mengevaluasi serta membandingkan hasil kegiatan guna menentukan keberhasilan atau kegagalan dari kegiatan yang berlangsung.

"Kemudian melakukan pemeriksaan 
yang merupakan proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi terhadap kepatuhan atas regulasi yang ada," paparnya.

Pambakal Desa Angkipih Ahmad Riadi menyampaikan, kami sangat berterimakasih kepada Tim dari Kecamatan Paramasan atas kedatangannya untuk memberikan pendampingan dan bimbingan.

"Kami dalam hal ini belajar pengelolaan, Pelaporan dan Pengadministrasian terkait realisasi penggunaan Dana Desa," katanya. (Brigade Paramasan Disransyah).


Komentar