Pabrik PTAM Intan Banjar Alami Kebocoran Gas Klorin, Petugas Damkar Sterilkan Lokasi

MARTAPURA, InfoPublik -Kebocoran gas klorin dari pabrik PT. Air Minum Intan Banjar di Perbatasan Jalan Rahayu Martapura dan Jalan STM Banjarbaru, baru kali ini terjadi seperti ini di PTAM Intan Banjar.


Sekitar pukul 22.30 Selasa (10/9/2024) malam, Nedy Faderiyanie melihat apa yang disebutnya "kabut putih" telah menyelimuti wilayah sekitar lingkungan Kantor.

"Tercium pula bau menyengat seperti aroma cairan pemutih baju. Ia tahu apa yang terjadi, ada kebocoran gas, kemudian minta bantuan Dinas Damkar untuk membantu pergantian pipa," terang Nedy.

Dinas Damkar Banjar diwakili Kabid Pencegahan Gusti Yudhi di lokasi mengatakan setelah menerima informasi kebocoran tabung gas chlorine, petugas langsung menuju ke lokasi.

"Di lokasi Petugas melakukan koordinasi dengan pihak PTAM Intan Banjar dan koordinasi dengan PSC 119 Kab Banjar untuk membantu back up unit ambulance beserta 4 orang petugas nakesnya yang dipimpin oleh kepala PSC Kab. Banjar H. Amat Syaibani, sebagai upaya antisipasi timbulnya korban," ucap Yudhi.

Diterangkan Yudhi petugas mempersiapkan diri dengan APD, perangkat BA serta memfasilitasi dan membantu pemasangan APD Rescue dan BA bagi karyawan PTAM yang bertindak sebagai penunjuk jalur evakuasi tabung gas chlorine.

"tabung chlorine semula berada di dalam tanah dan dipindah ke reservoir untuk menetralisir, petugas lainnya melakukan blockade jalan sepanjang lokasi dengan radius sejauh 200 meter dari titik lokasi, agar warga yang berada di taman sekitar dan pengguna jalan tidak terhirup gas chlorine," tutur Yudhi.

Sekira pukul 00.30 wita dikatakan Yudhi penanganan dan kondisi benar-benar aman, Petugas berkemas dan balik kanan menuju MAKO.

"Syukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," tutup Yudhi.
(BRIGADE/DPKP/PELETON1/SAY17)


Komentar