Jamin Kualitas Panen Padi, Distan Inspeksi Alsintan di Kertak Hanyar

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui UPTD Mekanisasi Pertanian terus berkomitmen dalam meningkatkan produktivitas pertanian di daerah. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar inspeksi pemanfaatan Alsintan Combine Helvester Tanikaya HT 88 milik Distan di Gapoktan Handil Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar, Sabtu (7/9/2024).

Kegiatan yang berlangsung di tengah hamparan sawah ini dihadiri oleh Kepala UPTD Mekanisasi Pertanian Barkati beserta stafnya. 

Dikatakan Barkati ini merupakan langkah penting untuk memastikan kinerja optimal, umur pakai yang panjang, dan keselamatan dalam penggunaannya. Membantu mendeteksi dini kerusakan atau masalah pada alsintan, sehingga dapat segera diperbaiki sebelum menimbulkan kerugian yang lebih besar.

"Alsintan Combine Helvester Tanikaya HT 88 merupakan mesin panen modern yang mampu melakukan berbagai proses panen dalam satu tahap, mulai dari memotong padi, memisahkan bulir padi dari jerami, hingga membersihkan bulir padi," jelasnya.

Menurut Barkati dengan menggunakan Alsintan ini, petani dapat menghemat waktu dan tenaga secara signifikan dibandingkan dengan cara panen tradisional.

"Dengan adanya Alsintan ini, diharapkan petani dapat meningkatkan hasil panen dan mengurangi kerugian pasca panen," ujarnya.

Distan Kabupaten Banjar berkomitmen untuk terus mendukung petani dalam meningkatkan kesejahteraan melalui penyediaan teknologi pertanian yang modern. Dengan semakin banyaknya petani yang memanfaatkan Alsintan, diharapkan produksi pertanian di Kabupaten Banjar dapat semakin meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar