Kepala BPPSDMP Serahkan Bantuan Alsintan Untuk Perluasan Tanam Padi di Kabupaten Banjar

MARTAPURA, InfoPublik - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Idha Widi Arsanti melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Didampingi Kepala BBPP Binuang dan Kepala SMKPP Banjarbaru.

Dalam kunjungan ini Kepala BPPSDMP melakukan audiensi dengan Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan sekaligus menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) guna mendukung program Perluasan Areal Tanam (PAT), di Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (5/9/2024).

Bantuan alsintan yang diserahkan mencakup pompa air dan Pembangunan Irigasi Perpompaan untuk Kelompok Tani, yang diharapkan dapat membantu petani setempat dalam meningkatkan produktivitas serta efisiensi pengelolaan lahan pertanian. 

Idha Widi Arsanti menyampaikan bahwa bantuan alsintan ini diberikan sebagai bentuk dukungan nyata dari pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pertanian. 

“Kami berharap dengan adanya bantuan pompanisasi ini dapat meningkatkan luas lahan yang ditanam oleh petani, peningkatan Indeks Pertanaman padi tanpa kekurangan air, mengubah pola tanam menjadi lebih awal, meningkatkan intensitas tanam dan produktivitas, sehingga dapat berpengaruh terhadap total produksi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian pemerintah pusat terhadap sektor pertanian di daerahnya.

“Bantuan ini akan kami manfaatkan dengan optimal, terutama dalam upaya meningkatkan luas tanam dan produksi padi di Banjar. Kami akan memastikan bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para petani,” kata Saidi.

Sebagai salah satu kabupaten penghasil padi di Kalimantan Selatan, Banjar memiliki potensi besar untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan dukungan teknologi alsintan, diharapkan luas tanam dan hasil panen padi dapat meningkat signifikan, mendukung target ketahanan pangan lokal dan nasional.



Masih dalam rangakaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Banjar, Idha bersama Tim PJ Upsus PAT, Kepala Dinas Pertanian Kab.Banjar beserta jajarannya termasuk Penyuluh Pertanian Koordinator BPP se Kabupaten Banjar melaksanakan tanam padi bersama masyarakat Desa Sungai Kitano di Kecamatan Martapura Timur dan rangkaian kunjungan kerja beliau ditutup dengan memberikan motivasi Bisnis Alsintan di Desa Pemakuan UPJA Maju Bersama. (Brigade Distan Dwi Retnani)


Komentar