Gambut Laksanakan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Bumdes

GAMBUT, InfoPublik - Kecamatan Gambut  laksanakan Peningkatan Kapasitas Pengelola Bumdes dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa di Aula Kecamatan Gambut, Rabu (8/8/2024).

Camat Gambut Ahmad Fauzan menyampaikan harapan dengan peningkatan kapasitas pengelola bumdes ini, bumdes kita lebih baik lagi dan bisa meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat kita.

"Ikutilah dengan sebaik-baiknya kegiatan ini," ajak Fauzan.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Banjar Rindang Ristiadi menjelaskan tentang unsur pengelolaan Bumdesa yang terdiri, 
manusia, uang dan sumber dana yang dikelola, material bahan baku serta sarana prasarana untuk produksi, metode dan pemasaran.

"Untuk mengatur semua unsur dalam Bumdesa itu maka diperlukan Manajemen, yaitu manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Produksi dan Manajemen Pemasaran," ujarnya.

Selain itu, disampaikan tentang strategi yang dilakukan Bumdesa, tata kelola termasuk pendirian Bumdes, dan usaha-usaha Bumdesa.

Pendamping Desa (PD) Iswara Wahyuni berharap setelah peningkatan kapasitas ini agar terbentuk Bumdesa untuk 3 desa dari 12 desa yang belum terbentuk.

Hadir sebagai pelaksana Kasi Pemberdayaan masyarakat Kecamatan Gambut Hidayat dan staff Mursidi, Peserta 3 orang pengelola Bumdesa dari desa se Kecamatan Gambut. Juga hadir Pembakal, pendamping desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Gambut. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar