Tradisi Pernikahan Banjar Batamat Alquran

GAMBUT, InfoPublik - Kehidupan sosial suku Banjar banyak diisi dengan tradisi bernuansa Islami. Salah satu tradisi tersebut adalah batamat Alquran tradisi ini sudah ada sejak lama ditengah kehidupan orang Banjar, tidak terkecuali di Kecamatan Gambut.

Tradisi batamat Al-Qur'an merupakan ritus perjalanan yang harus dilalui pengantin. Pelaksanaannya diadakan satu hari sebelum acara Perkawinan. Yang dibaca pada saat itu adalah surah Ad-Dhuha hingga selesai, yakni An-Nas dan ditutup dengan doa khatmil qur'an.

Kali ini dilaksanakan oleh keluarga penganten Muhammad Syarwani Abdan dan Noorjannah di Handil II Desa Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut, Sabtu (3/8/2024).

Batamat dilaksanakan 5 orang Mempelai perempuan Atiatul Muna  bersama sepupu dan temannya. Peserta batamat secara bergantian dipayungi dengan payung kembang bertingkat tiga.

Juga disediakan balai-balai berisi ketan dan telur yang sudah dimasak. Do'a oleh khatmil qur'an Ustadzah Siti Aminah. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar