Percontohan Gapoktan, KEP Sultan Malenggang di Langit Dapat Dukungan dari Distan

MARTAPURA, InfoPublik - Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Sultan Malenggang di Langit Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar.

Dukungan ini ditunjukkan melalui pendampingan dalam rapat pertemuan anggota Koperasi, Jum'at (26/7/2024). Menghadirkan pembina dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov.Kalsel  yang diwakili Muhammad Reza Amami dan Distan Banjar yang diwakili Retno Sri Murwani dan narasumber KJF Distan Rifani Hernadi. 

Dalam kesempatan ini dibahas mengenai rancangan usaha yang telah disusun oleh anggota dan pengurus KEP yaitu pengolahan dan pemasaran pupuk organik.

Reza mengingatkan pentingnya menjaga semangat kerja sama dan kebersamaan agar lebih cepat mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. 

Kepala Bidang Penyuluhan Retno Sri Murwani menyatakan bahwa KEP Sultan Malenggang di Langit dapat dijadikan wadah percontohan bagi gapoktan maupun kelembagaan petani lainnya, dalam satu wilayah Kabupaten sebagai P4S diharapkan dapat menjalankan fungsinya meskipun program sudah berakhir, KEP dan P4S sudah kuat dan mandiri. 

Dalam kegiatan pendampingan, penumbuhan dan penguatan KEP ini, Rifani Hernadi telah meningkatkan wawasan pengurus dan Anggota Koperasi tentang digital marketing sebagai penggunaan teknologi digital untuk menciptakan komunikasi terpadu, terarah dan terukur yang membantu memperoleh dan mempertahankan pelanggan. 

"berikutnya perlu dilaksanakan praktek untuk mempromosikan produk dan jasa dengan menggunakan saluran database yang didistribusikan secara online untuk menjangkau konsumen dengan cara yang relevan, pribadi dan hemat biaya," katanya. (Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar