Distan Gelar Sosialisasi Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan menggelar sosialisasi kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik 2024 Kelompok Tani Maju Bersama Desa Tungkaran Kecamatan Martapura di Aula Distan, Jum'at (19/7/2024).

Kegiatan P2L ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh KWT atau poktan untuk mencegah stunting. Dari acara sosialisasi ini merupakan pemantapan dan pemberian informasi langsung mengenai kegiatan P2L pada Poktan Maju Bersama.

Pemberian materi disampaikan Kasi Pengembangan Sarana Pertanian Gusti Rahmatullah. Informasi yang diberikan diantara dari dana DAK non fisik ini adalah pembuatan rumah bibit, demplot, pertanaman dan kegiatan pascapanen. 

Kabid TPH, Perkebunan dan Peternakan Nurul Chatimah menyampaikan melalui sosialisasi ini, diharapkan Kelompok Tani Maju Bersama di Desa Tungkaran dapat memahami dengan baik tujuan, manfaat, dan mekanisme pelaksanaan kegiatan P2L DAK non fisik". 

"Selain itu, mereka juga dapat memperoleh bimbingan teknis dan pendampingan dalam mengimplementasikan program ini secara efektif," ujarnya.

Nurul berharap dengan adanya dukungan dari Distan Banjar, Kelompok Tani Maju Bersama di Desa Tungkaran akan dapat memanfaatkan lahan pekarangan mereka secara optimal dan meningkatkan ketahanan pangan serta kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.
 Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan.

Pada sosialisasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana Kelompok Tani Maju Bersama dapat mengajukan pertanyaan kepada narasumber dari Distan Kabupaten Banjar.

Turut hadir Koordinator BPP Martapura Muhammad Yazidi, Mantri Tani dan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Tungkaran.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar