Puluhan Petani Muda Aluh-Aluh Ikuti Peningkatan Kapasitas

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) selaku District Implementation Team (DIT) program YESS kembali menggelar pelatihan untuk peningkatan Kapasitas Pemuda di Aula BPP Aluh - Aluh, Kamis (18/7/2024).

 

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta, trainer yang digandeng untuk melatih peserta berasal dari BDSP Beruntung Baru dan BPTPH Provinsi Kalsel diselenggarakan selama empat hari dari 15 - 18 Juli 2024.  

 

Petani muda yang sekarang sudah lebih paham dan sadar bahwa dalam budidaya padi diperlukan kerja sama yang baik antar petani, khususnya dalam hal serentak waktu tanam dan pemeliharaan. Hama dan penyakit tanaman padi dapat di tekan serangannya apabila dilakukan secara serentak dan bersama-sama.

 

Dalam kelas pelatihan ini peserta diajarkan cara membuat Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) yaitu bio stimulan yang berisi kelompok bakteri menguntungkan. Aktivitas PGPR berpengaruh secara positif bagi pertumbuhan tanaman, baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

 

Selain itu peserta juga dilatih membuat Bioyoso yaitu Rodentisida alami yang terbuat dari bahan-bahan alam untuk mengendalikan hama tikus serta membuat perangkap hama walang sangit.

 

Koordinator BPP Aluh aluh Samaaniah berharap melalui pelatihan ini akan tercipta petani muda yang handal khususnya di bidang tanaman pangan.

 

“mudah-mudahan akan muncul pengusaha pertanian muda yang dapat membuat secara massal bahan-bahan alami sebagai pupuk hayati juga pestisida nabati, semoga produktivitas gabah di kecamatan Aluh aluh semakin meningkat,” harapnya. (Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar