Cegah PMK Pada Hewan, Distan Banjar Gelar Vaksinasi di Desa Rantau Balai

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) tak henti-hentinya dalam memerangi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayahnya. Kali ini, Distan melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) didampingi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Aranio melaksanakan pengobatan dan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Rantau Balai Kecamatan Aranio, Selasa (16/7/2024). 

Tindakan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kesehatan hewan dan melindungi peternakan masyarakat dari ancaman penyakit menular. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran PMK dan menjamin kesehatan hewan ternak di wilayah tersebut. Karena di Kabupaten Banjar masih zona hijau atau tidak ada yang terindikasi PMK. 

Kegiatan ini menyasar ratusan sapi milik peternak di Desa Rantau Balai. Tim Distan yang dipimpin drh Lulu Vilavardi bergerak sigap memberikan vaksinasi. Selain vaksinasi, Distan juga gencar melakukan sosialisasi kepada peternak tentang cara menjaga kebersihan kandang dan lingkungan, serta melaporkan jika hewan ternak mereka menunjukkan gejala PMK.

Menurut drh Lulu Vilavardi, tindakan ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kesehatan hewan dan melindungi peternakan masyarakat dari ancaman penyakit menular.

Peternak Desa Rantau Balai juga menyampaikan terima kasih kepada Distan atas perhatiannya terhadap kesehatan hewan ternak di desanya. Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin untuk membantu para peternak di desanya.

Bersama-sama, Distan dan peternak di Kabupaten Banjar bahu-membahu melawan PMK demi menjaga kesehatan hewan ternak dan kelancaran usaha peternakan di wilayah mereka. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar