Durian Karang Intan Semakin Unggul dengan Kebun Percontohan

MARTAPURA, InfoPublik - Durian merupakan salah satu produk buah unggulan di Kecamatan  Karang Intan dengan populasi sebanyak 80.457 pohon. Untuk meningkatkan kualitas buah dan cara budidaya durian yang baik maka Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan didampingi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Karang Intan melaksanakan sosialisasi kebun percontohan di Desa Balau Kecamatan Karang Intan, Rabu (10/7/2024).

Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan Nurul Chatimah menyampaikan bahwa tahun 2024 ini Kecamatan Karang Intan mendapatkan alokasi kebun percontohan seluas 6 Ha untuk Desa Balau, Sungai Landas dan Sungai Alang. Karang Intan merupakan penghasil durian terbesar di kabupaten Banjar sehingga harus mampu menjaga populasi dan kualitas buahnya.

Ditambahkan Kasi Pengembangan SDG Ied Eka Norbiansyah selaku narasumber bahwa bantuan okulasi bibit durian berasal dari durian lokal yang sudah bersertifikat yaitu Umi Kampar dan si Kolam yang disertai Herbisisida dan pupuk NPK.

Selaku PPL Desa Balau Syahril Efendi mewakili kelompok tani Mekar Sari mengucapkan terimakasih banyak atas bantuan yg telah diberikan oleh Distan melalui APBD II 2024. Semoga dengan adanya kebun percontohan ini dapat menjadi acuan bagi para petani dalam menjaga dan mengembangkan durian lokal yang ada dan mampu bersaing dengan durian dari luar.

Pada kesempatan tersebut, para petani juga mendapatkan materi penyuluhan dari narasumber yang kompeten di bidang budidaya durian.

Kebun percontohan durian di Desa Balau ini diharapkan dapat menjadi model bagi para petani durian di Karang Intan dan sekitarnya. Dengan menerapkan teknik-teknik budidaya yang baik dan benar, diharapkan kualitas durian Karang Intan dapat semakin meningkat dan komoditas ini dapat menjadi penyumbang signifikan bagi perekonomian lokal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator BPP Karang Intan Sigit Triyanto,  Mantri Tani Yuniati dan Programer Jauhar Latifah.
(Brigade Distan Sigit Triyanto/Syaripuddin) 


Komentar