Stabilkan Pangan di IKN dan Kota Besar, BRIN dan Bapanas Gelar Riset di Distan Banjar

MARTAPURA, InfoPublik - Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) melaksanakan kegiatan riset Call for Collaboration (CRC) dengan tema “Strategi Peningkatan Pasokan (Distribusi) dan Stabilisasi Harga Pangan dari Wilayah Penyangga terhadap Ibu Kota Negara dan Kota Besar” di Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Selasa (9/7/2024). 

Sebagai salah satu responden Distan berkolaborasi bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan telah memenuhi permintaan data produksi pangan serta data konsumsi perkapita untuk komoditas bahan pangan utama yaitu beras, bawang merah, cabai, daging ayam ras, telur ayam ras serta daging sapi. 

Kepala Dinas Pertanian melalui Plt Sekretaris Dinas Pertanian Hj. Retno Sri Murwani menyatakan bahwa Kebijakan dalam hal produksi saat ini tengah disusun Peraturan Bupati Banjar tentang Pengembangan Komoditas Unggulan Sektor Pertanian. 

"Komoditas unggulan daerah sebagaimana dimaksud meliputi sub sektor tanaman pangan (padi), Hortikultura (cabai dan jeruk), Perkebunan (karet dan kopi), Peternakan (itik, kambing dan sapi) serta Florikultura (melati)," ujar Retno.

Ditambahkannya, secara kedinasan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar sangat gembira menerima kunjungan kerja ini.

"Pertemuan ini dapat menjadi penyemangat untuk petani kami meningkatkan produksi komoditas pertaniannya sebagai ketahanan pangan dalam Daerah bahkan untuk penyangga IKN nanti," ungkap Retno. (Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar