Distan Banjar Hadiri Rakor GESI dalam Program YESS di Bogor

BOGOR, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) sebagai District Implementation Team (DIT) Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) di Kabupaten Banjar ikuti Kegiatan Rapat Koordinasi dan pembahasan Gender Equity and Social Inclusion (GESI) selama tiga hari dari tanggal 3 - 5 Juli 2024 di Bogor.

Kegiatan ini dibuka Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dr Idha Widi Arsanti SP MP sebagai Direktur Program YESS menyatakan untuk mengakomodir program YESS yang ramah pada perempuan akan menerapkan prinsip GESI mendorong agar perempuan setara dengan laki-laki baik kapasitas maupun kompetensinya.

"Program YESS bertujuan menghasilkan wirausaha muda di sektor pertanian berusaha mendongkrak jumlah penerima manfaat (PM) perempuan yang baru tercatat sejumlah 47,7% secara nasional sebagai PM program, upaya yang telah dilakukan oleh DIT Banjar mempromosikan pertanian kepada para perempuan dengan memperkuat sisi hilirisasinya pada kegiatan pasca panen, pengolahan produk sehingga kegiatan tersebut bisa dilakukan disela-sela mereka menjadi Ibu Rumah tangga," ujarnya.

Menurut Idha strategi berikutnya yang akan dilakukan DIT Banjar adalah bersinergi dengan Organisasi IPPNU, KTNA dan IWAPI melibatkan komunitas lokal dan organisasi perempuan lainnya. Seluruh upaya ini dilakukan agar perempuan lebih mudah difasilitasi dan dilibatkan.

Kasi Kelembagaan Petani Dwi Retnani mengatakan Distan Kabupaten Banjar berkomitmen untuk mendukung program YESS dan meningkatkan keterlibatan perempuan dan pemuda dalam program ini. 

"Distan yakin bahwa dengan keterlibatan perempuan dan pemuda yang lebih aktif, program YESS akan dapat mencapai tujuannya untuk menciptakan lapangan kerja baru di sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banjar," katanya. (Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar