Meningkatkan Wawasan, Desa Lok Tangga Gelar Pelatihan Pengolahan Pakan Fermentasi

MARTAPURA, InfoPublik - Pemerintah Desa Lok Tangga Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar menggelar Pelatihan Pengolahan pakan fermentasi jerami dan batang pisang untuk pakan ternak sapi dan kambing, Senin (24/6/2024).

 

Menurut Pembakal Desa Lok Tangga Khairul Huda kegiatan ini dilaksanakan termotivasi dari Program Terong Bangtani (Terus Dorong Kembangkan Petani) dengan menggunakan dana Ketapang Desa yang ada agar dapat menambah wawasan peternak dalam  mengembangkan usaha ternaknya.

 

Pasar hewan yang sudah dibuka di Padang Panjang Karang Intan jadi motivasi tambahan bagi peternak dalam beternak sapi dan kambing,” ujarnya.

 

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Susanto dan Fiqi Hilmawan dari BSIP Kalimantan Selatan. Dalam materinya menjelaskan tentang manfaat dan cara pengolahan pakan fermentasi jerami dan batang pisang.

 

"Pakan fermentasi memiliki banyak manfaat, antara lain meningkatkan nilai gizi pakan, meningkatkan daya cerna ternak, dan mengurangi biaya pakan," jelas Susanto.

 

Selain itu, Susanto dan Fiqi Hilmawan juga memberikan tips-tips dalam memilih bahan baku dan menjaga kualitas pakan fermentasi.

 

Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peternak dapat meningkatkan kualitas ternaknya untuk memenuhi permintaan pasar.

 

Turut hadir Koordinator BPP Karang Intan Sigit Triyanto didampingi PPL Mardiah, Fatmawaty & Siti Suprihatin dalam kesempatan itu juga mengajak para petani/peternak untuk mengaktifkan kembali kelompok tani yang sudah terbentuk.(Brigade Distan Syaripuddin/Sigit Triyanto) 


Komentar