Tingkatkan Produktivitas dan Kualitas, Distan Banjar Gelar Sosialisasi Cabai di Aranio

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) menggelar Sosialisasi Diseminasi Tanaman Hortikultura Cabai di Kecamatan Aranio, Jum'at (21/6/2024).

Acara ini merupakan upaya penting untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman cabai di wilayah Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dihadiri Ka TU UPTD Penyuluhan Pertanian Karina Citra Dewi, KJF H Nuruddin, Koordinator beserta Penyuluh BPP Kecamatan Aranio dan petani cabai setempat.

Karina Citra Dewi mengatakan melalui sosialisasi ini, petani dan masyarakat dapat memperoleh informasi terkini mengenai teknik budidaya cabai yang efektif, penanganan hama dan penyakit, serta strategi pemasaran yang menguntungkan. Distan berkomitmen untuk mendukung peningkatan kesejahteraan petani melalui diseminasi inovasi dan teknologi pertanian terkini.

"Diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mengembangkan potensi hortikultura cabai di Kabupaten Banjar. Dengan partisipasi aktif masyarakat dan dukungan Distan, produktivitas cabai dapat ditingkatkan, sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah," ucapnya.

Sementara itu, Nuruddin menyampaikan bahwa cabai merupakan salah satu komoditas hortikultura yang penting bagi masyarakat Kabupaten Banjar. Cabai sering digunakan sebagai bahan masakan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

"Namun, produktivitas dan kualitas tanaman cabai di Kabupaten Banjar masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, Distan mengadakan sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada petani cabai tentang cara budidaya cabai yang baik dan benar,"ujar Nuruddin.

Pada sosialisasi ini, para petani cabai mendapatkan materi tentang pemilihan varietas cabai yang unggul, teknik penanaman yang tepat, pemupukan dan pengendalian hama penyakit, serta panen dan pasca panen cabai.

Distan berharap dengan adanya sosialisasi ini, para petani cabai di Kabupaten Banjar dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman cabai mereka. Hal ini akan berdampak pada peningkatan pendapatan petani dan ketahanan pangan di Kabupaten Banjar.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar