Kecamatan Gambut Lepas Dari Jurnal Koreksi Laporan Keuangan

MARTAPURA, InfoPublik - Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Banjar melalui Bidang Akutansi dan Pelaporan laksanakan Evaluasi penyusunan laporan keuangan audited SKPD Tahun Anggaran 2023 di Aula Berlian BPKPAD Kabupaten Banjar, Kamis (20/6/2024).

 

Acara dibuka oleh Kabid Akuntansi dan Pelaporan Gusti Sugian Noor, menurut Gusti Sugian Noor kegiatan ini merupakan tindaklanjut telah selesainya audit Laporan Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

 

“Ini merupakan inplementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 77Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah,” ujarnya.

 

Dikatakannya, Kepala Daerah sebagai Pengguna Anggaran mempunya tugas menyampaikan Laporan Keuangan, berupa Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Operasional (LO), Neraca, Laporan Perubahan Ekuiditas (LPE) dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

 


Menghadirkan nara Sumber Kasubbid Evaluasi dan Pelaporan Nor Aini dan Penyusun Laporan Keuangan Kabupaten Banjar Maisyarah. Diikuti oleh 47 SKPD se Kabupaten Banjar dengan dua sesi kegiatan. Sesi pertama pukul 09:00 - 12:00 Wita sebagai peserta Dinas, Badan, Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD dan Inspektorat Daerah. Dan sesi Kedua pukul 13:00 - 15:00 Wita dihadiri oleh Kecamatan se Kabupaten Banjar.

 

Pada sesi dua ini ada 7 kecamatan yang tidak terkena jurnal koreksi, yaitu : Kertak Hanyar, Astambul, Sungai pinang, Cintapuri Darussalam, Mataraman, Sambung Makmur dan Kecamatan Gambut.  Tujuh Kecamatan ini mendapatkan hadiah/ cendera mata dari panitia pelaksana.

 

Kasubbag Perencanaan Keuangan dan Aset Kecamatan Gambut Jaka Umbara merasa bersyukur. Menurutnya hasil tersebut tidak lepas dari kerja tim di Kecamatan dan bimbingan dari mentor bidang akuntansi BPKPAD Kabupaten Banjar dalam pembuatan laporan keuangan Kecamatan Gambut Tahun 2023.

 

Kasubbid Akuntansi Belanja dan Pembiayaan BPKPAD Puspitasari, Nara Sumber Nor Aini dan Maisyarah menyampaikan, harapannya bagi SKPD yang menerima hadiah/cendera mata agar lebih semangat lagi dalam menyusun laporan keuangan serta dapat menyajikan laporan keuangan yang berkualitas. Bagi SKPD yang belum dapat cendera mata, semoga tidak berkecil hati dan tetap semangat dan bisa menjadikan evaluasi hari ini untuk kedepannya lebh baik lagi.

 

Hadir Kasubbid Akuntansi pendapatan BPKPAD Kabupaten Banjar Yuliadi khairil. Dan dari Kecamatan Gambut hadir juga Bendahara Pengeluaran Hairudin dan Staf sekaligus operator Alfian Hidayat. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar