Gerakan Penanganan DPI, Distan Ajak Petani Desa Paku Alam Bersihkan Saluran Air

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian menggelar gerakan penanganan Dampak Perubahan Iklim (DPI) dengan membersihkan saluran air dari gulma di Kelompok Tani Maju Bersama Desa Paku Alam Kecamatan Sungai Tabuk, Rabu (12/6/2024).  

Kegiatan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi dan memupuk semangat gotong royong untuk membersihkan saluran air dari gulma yang dapat menghambat aliran air, sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya genangan air dan banjir saat musim hujan. 

Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Pertanian Imelda Rosanty mengatakan kegiatan DPI ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat perubahan iklim yang semakin ekstrem dapat berdampak negatif terhadap sektor pertanian.

"Dengan membersihkan saluran air dari gulma, diharapkan aliran air dapat menjadi lancar sehingga dapat mencegah terjadinya genangan air dan banjir saat musim hujan," ujar Imelda.

Lebih lanjut, Imelda juga mengimbau kepada para petani agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan sistem tanam yang baik, seperti sistem tanam jajar legowo, agar dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan petani dari Kelompok Tani Maju Bersama Desa Paku Alam, serta petugas dari Distan Kabupaten Banjar. 
(Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar