Distan Banjar Gelar Sekolah Lapang Iklim di Sungai Batang

MARTAPURA, InfoPublik - Sekolah Lapang Iklim (SLI) merupakan kegiatan literasi iklim yang diselenggarakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, pemerintah daerah dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar gelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) bersama kelompok tani Serasi Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Selasa (11/6/2024). 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam bercocok tanam padi sesuai dengan kondisi iklim di wilayah mereka.

Kepala Distan Banjar Warsita mengatakan SLI merupakan salah satu upaya strategis pemerintah untuk meningkatkan produktivitas padi di Kabupaten Banjar.

"Melalui SLI, petani akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana cara bercocok tanam padi yang baik dan benar sesuai dengan kondisi iklim di wilayah mereka," ujar Warsita.

Warsita berharap melalui kegiatan ini, produktivitas padi di Kabupaten Banjar dapat terus meningkat dan mewujudkan ketahanan pangan di wilayah ini.

Pada kegiatan SLI ini diisi juga dengan berbagai materi, antara lain Pembangunan Pertanian, Rencana Tanam Berdasarkan Perspektif Iklim di Kabupaten Banjar serta Informasi BMKG, Pemilihan Varietas Padi Unggul Berdasarkan Peluang Pasar dan Teknik Tanam Padi Sawah. 

Adapun yang berhadir Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty, BMKG Kalimantan Selatan, BPTPH Provinsi Kalimantan Selatan, BSIP, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian, Penyuluh Pertanian Martapura Barat dan Pambakal Sungai Batang dan Kelompok Tani Serasi. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar