Monitoring PAT, Staf Ahli Kementerian Pertanian Kunjungi Desa Penggalaman

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam rangka monitoring Perluasan Areal Tanam (PAT) padi dengan  pompanisasi, Staf Ahli Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr Abdul Haris Baharun kunjungi Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat, Minggu (9/6/2024).

Menggunakan Tiga unit pompa varietas padi unggul lokal ditanam di sawah dengan luasan 20 Ha. Potensi luas sawah yang terdapat di Kecamatan Martapura Barat  5.356,5 Ha tersebar di 13 Desa dan saat ini akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan 572 Ha terdampak banjir.

Kelompok Tani Berkat Maju mengharapkan ada bantuan benih sebagai pengganti tanaman yang terendam, sehingga kegiatan pertanaman dapat dilakukan kembali. 

Dalam kesempatan ini Abdul Haris menyampaikan harapannya agar petani dapat meningkatkan Indeks Pertanaman padi dan memberikan motivasi serta semangat baru bagi para petani di Kabupaten Banjar.

Abdul Haris memberikan apresiasi kepada Kelompok Tani Berkat Maju atas kegigihan mereka dalam melakukan perluasan areal tanam padi. Ia juga menyatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk membantu petani, termasuk dengan memberikan bantuan benih padi kepada Kelompok Tani Berkat Maju.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Warsita mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjar terus berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian di wilayahnya. 

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendukung perluasan areal tanam padi dengan sistem pompanisasi," ucapnya.

Kunjungan ini didampingi Kepala BSIP Rawa, Kepala BSIP Provinsi Kalsel, Kepala SMKPP Banjarbaru, Kepala BBPP Binuang, Kepala Distan Banjar bersama jajarannya berkunjung ke  Kelompok Tani Berkat Maju di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat. (Brigade Distan Syaripuddin/Dwi Retnani) 


Komentar