Peringati Hari Hipertensi Sedunia 2024, Dinkes Banjar Gelar Skrining Hipertensi dan Obesitas

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam rangka Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2024 dengan tema nasional “Ukur tekanan darahmu dengan tepat, kontrol dengan minum obat teratur untuk hidup lebih lama” Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar menggelar Skrining Hipertensi, Jumat (7/6/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan Bidang P2P Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa menyasar seluruh pejabat eselon III dan IV serta staf Dinkes Banjar.

Sementara dikesempatan tersebut Kadinkes Banjar drg. Yasna Khairina mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menemukan kasus hipertensi secara dini pada karyawan karyawati Dinkes Banjar.

"Selain itu juga untuk menemukan kasus obesitas secara dini pada karyawan karyawati," ujarnya.

Yasna berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh (Role Model) bagi masyarakat untuk melakukan skrining hipertensi dan rutin memeriksakan diri secara dini dan proaktif jika memang sudah dinyatakan menderita hipertensi. 

"Skrining hipertensi ini dapat dilakukan di posbindu ptm maupun di puskesmas. Kegiatan ini merupakan upaya deteksi dini kasus hipertensi dan obesitas untuk mengurangi, menurunkan kejadian komplikasi akibat hipertensi dan obesitas," katanya.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemeriksaan skrining obesitas melalui pengukuran tinggi badan, berat badan serta menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Juga melakukan pemeriksaan skrining narkoba yaitu pemeriksaan 6 parameter (amphetamine, methamphetamine, benzodiazepine, cocaine, opium dan THC) terhadap sampel urin seluruh pejabat eselon di Lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.


Komentar