Penuhi Hal Warga Berkebutuhan Khusus, Inovasi LAPAT Manis Sambangi Desa Mangkauk

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan kesadaran administrasi kependudukan, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan pendataan dan penerbitan dokumen kependudukan bagi masyarakat berkebutuhan khusus di Desa Mangkauk, kecamatan Pengaron, Jumat (7/6/2024).

Layanan Cepat Tanggap Masyarakat Berkebutuhan Khusus (LAPAT Manis) merupakan inovasi jemput bola yang mendatangi secara langsung ke rumah dengan tujuan memudahkan bagi penyandang disabilitas, ODGJ maupun lanjut usia (lansia) untuk mendapatkan dokumen kependudukan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Harmawati menjelaskan setiap warga mempunyai hak dalam kepemilikan dokumen kependudukan tidak terkecuali warga yang berkebutuhan khusus

"Dengan inovasi LAPAT Manis ini mempermudah pengajuan permohonan bagi warga yang menyandang disabilitas, ODGJ maupun lansia yang langsung dilayani ditempatnya," jelas Harma.



Ditambahkannya Disdukcapil akan menurunkan tim LAPAT Manis apabila ada warga berkebutuhan khusus yang belum memiliki dokumen kependudukan. 

"Kami berharap tidak hanya Disdukcapil yang mencari informasi, kepada aparatur desa pun agar bisa memberikan informasi terkait warganya yang berkebutuhan khusus sehingga tim LAPAT Manis bisa langsung turun ke lapangan," tambah Harma.

Kasi Pemerintahan Desa Mangkauk, Syamsudin menyampaikan terima kasih kepada tim LAPAT Manis yang turun ke lapangan melayani warga hingga larut malam.

"Walaupun jarak dilalui antara tempat satu ke tempat lain jauh dan medannya terjal, turun gunung naik gunung untuk ditempuh, mewakili Pemdes Mangkauk sangat mengapresiasi kinerja Disdukcapil dalam melayani warga kami dengan totalitas," jelas Syamsudin

Berdasarkan permohonan Pemerintah Desa Mangkauk ada 14 orang yang mendapatkan layanan LAPAT Manis dan langsung dibuatkan Dokumen kependudukannya. Dengan adanya pelayanan ini, masyarakat berkebutuhan khusus tidak perlu repot-repot menuju kantor Disdukcapil Banjar untuk mengurus dokumen kependudukannya. 


Komentar