Cegah Serangan Hama Penyakit pada Tanaman, Distan Gelar Rapat POPT

MARTAPURA, InfoPublik - Seperti yang kita ketahui, sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam menunjang ketahanan pangan nasional. Namun, sektor ini selalu dihadapkan pada berbagai tantangan, salah satunya adalah serangan hama dan penyakit tanaman. Oleh karena itu, peran POPT sangatlah strategis dalam menjaga kesehatan tanaman dan meningkatkan produktivitas pertanian.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Dinas Pertanian (Distan) Imelda Rosansty saat rapat bersama Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) se-Kabupaten Banjar di aula Distan, Kamis (6/6/2024).

"Sebagai garda terdepan dalam menjaga kesehatan tanaman, POPT memiliki peran vital dalam menjaga produktivitas sektor pertanian. Melalui rapat ini, kita dapat berbagi informasi, mengkaji masalah yang dihadapi, dan menyusun langkah-langkah efektif untuk mengatasi tantangan yang ada," ujar Imelda.

Ditambahkan Imelda,  Komitmen Distan Banjar dalam mendukung kinerja POPT menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam menjaga ketahanan pangan wilayah. 

"Kolaborasi yang erat antara instansi terkait dan petugas lapangan diharapkan dapat mengoptimalkan upaya perlindungan tanaman dari organisme pengganggu," harapnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Seksi dan staf, Kepala BPTPH Propinsi Kalimantan Selatan Lestari Fatria Wahyuni, POPT Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar