Desa Tambak Sirang Laut Laksanakan Rembuk Stunting

GAMBUT, InfoPublik - Mewujudkan komitmen Desa dalam upaya percepatan penurunan Stunting. Desa Tambak Sirang Laut kecamatan Gambut menggelar Rembuk Stunting di Gazebo Rakat Mufakat Berkah, Selasa (4/6/2024).

 

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Dian Patria Amini menyampaikan bahwa tindakan pencegahan stunting tentu lebih bijak dilaksanakan oleh semua orang di lingkungannya, terutama yang terdapat anak balita dan pasangan usia muda terhadap kemungkinan terjadinya stunting, daripada harus melakukan upaya penanganan setelah stunting itu terjadi.

 

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting, yaitu memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil, memberi Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan, terus memantau tumbuh kembang anak dan selalu jaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

 

Ditambahkan Kepala Urusan Agama Kecamatan Gambut Zulkifli bahwa perlu usaha bersama untuk menurunkan dan mencegah stunting.

 

“Sasaran pencegahan stunting yaitu remaja, calon pengantin, ibu hamil dan bayi usia 0 s/d 59 bulan,” katanya.

 

Pendamping Desa Iswara Wahyuni menyampaikan bahwa rembuk stunting dilakukan untuk menggali permasalahan yang ada di masyarakat. Caranya dengan melihat data dari Kesehatan, UPT KB dan Data dari KPM.

 

Dari data kasus kurang gizi, gizi buruk dan terindikasi stunting di bahas satu satu (by name by addres) lalu di putuskan solusi atas permasalahan dari sasaran dalam bentuk usulan kegiatan yang akan dikawal dan dibahas dalam Musdes penyusunan RKPDesa tahun 2025,” tuturnya.

 

Dari usulan yang disampaikan rembuk stunting hari ini menghasilkan kesepakatan : 

1. Posyandu remaja diberi makanan tambahan, pemeriksaan, sosialisasi kesehatan dan diberi bimbingan bahaya narkoba.

2. Tambahan dana dari APBD

3. Bimbingan dari KB Kabupaten percepatan penurunan stunting

4. Kelas ibu hamil anggara dari dana desa diberikan makanan tambahan.

5. Posyandu balita diberikan imunisasi, makanan tambahan dan sosialisasi kepada orang tua yang mempunyai anak balita.

6. Mengadakan pelatihan membuat makanan tambahan sehat dan bergizi untuk anak.

7. Pemberian ASI tanpa MPASI.

 

Hadir ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Muhammad Yusuf, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Hidayat, P3BD Kab. Banjar Masniah,  Pambakal Tambak Sirang Laut Ahmad Pandi, Babinkantibmas Desa Tambak Sirang Laut Ikhwan, Babinsa Agus Prasetyo, Bidan Desa, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Syahrani, Sekretaris Desa, BPD, Karang Taruna, Kader PKK, KPM, PLD, Kader Poskesos,  Kepala Lingkungan, Kader Posyandu. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar