Tim Verifikator KLHK ProKlim Lestari Lakukan Verifikasi di Desa Padang Panjang

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menerima kunjungan Tim Verifikasi Program Kampung Iklim (ProKlim) Lestari 2024 di Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Selasa (28/5/2024).

Kepala DPRKPLH Banjar Ahmad Bayhaqie memaparkan secara umum kegiatan ProKlim di Kabupaten Banjar yang sudah dilaksanakan bersama-sama dengan desa Padang Panjang hingga saat ini.

Senada apa yang disampaikan oleh Kepala DPRKPLH Pengusul desa ProKlim Pembakal Said Al menerangkan kondisi awal desa Padang Panjang yang dulunya sebagai binaan Desa Mandikapau Barat sekarang merasakan dampaknya yang luar biasa dan mengikuti jejak dengan membina juga 10 Desa sebagai syarat menuju ProKlim Lestari.

Tim Verifikator yang diketuai oleh Ardiansyah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Restu Dwi Atmoko,
Verifikator Balai PPI Wilayah Kalimantan menjelaskan bahwa dalam penilaian ProKlim Lestari ada 6 (enam) poin yang dinilai.

"Minimal 3 tahun untuk penerima sertifikat Utama dan 2 tahun untuk penerima Trophy Utama, sudah membina minimal 10 desa, melaksanakan pengayaan kegiatan, melaksanakan penguatan kelembagaan, telah mendapatkan penghargaan tingkat provinsi dan telah menyusun rencana kerja lima tahunan," ujarnya.

Pada kegiatan verifikasi lapangan ProKlim Lestari ini juga diisi beberapa testimoni dari desa binaan Padang Panjang  yakni, Lok Tangga, Bi ih, Sungai Asam Sungai Besar, Sungai Alang, Pandak Daun Mandiangin Timur, Simpang Tiga, Bawahan Selan

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Verifikator KLHK, Tim Pendamping dari DLH Provinsi, Kepala Dinas PRKPLH, Kasi KSDAPLH Plt Camat Karang Intan Aparat Desa Padang Panjang, dan 8 desa binaan dari desa Padang Panjang, serta perwakilan masyarakat desa dan TP PKK Desa Padang Panjang (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar