Dinkes Banjar Terima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kemenkes

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan mendapatkan Sertifikat Bebas Penyakit Frambusia dari Kementerian Kesehatan RI.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung Bupati Banjar H Saidi Mansyur kepada Kadinkes drg. Yasna Khairina usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan HUT Proklamasi ALRI, di halaman kantor Bupati Banjar, Martapura, Senin (20/5/2024).

Menurut Yasna, penyakit frambusia yang juga di sebut patek atau bubo adalah penyakit kulit menular menahun yang kambuhan. Penyakit ini berbahaya apabila tidak di tangani secara cepat.

"Alhamdulillah di Kabupaten Banjar Penyakit tersebut tidak terdeteksi selama 5 tahun terakhir," ucap Yasna.

Yasna juga menyampaikan ini juga berkat tim nya di lapangan oleh petugas Kesehatan di UPTD Puskesmas se Kabupaten Banjar yang tidak henti dan lelah melakukan sosialisasi dan edukasi tentang semua penyakit salah satu nya penyakit Frambusia.

"Akhirnya dengan dasar itu (selama 5 tahun berturut-turut) Kabupaten Banjar salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan dan Indonesia yg bebas Penyakit Frambusia kemudian berhak mendapatkan Sertifikat yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan," pungkasnya. 


Komentar