Program Terong Bangtani Dorong Petani Tingkatkan Produksi Padi Lokal Siam Rondon

Martapura, InfoPublik - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karang Intan melaksanakan tanam Padi lokal ke 2 Varietas Siam Rondon di lahan sawah tadah hujan sekitar 12 hektar di Desa Sungai Besar Kecamatan Karang  Intan Kabupaten Banjar, Senin (20/5/2024).

Menanam dengan sistem jajar legowo pola 4:1 percontohan di sekitarnya. Penerapan sistem tanam ini dapat meningkatkan produksi padi dengan gabah kualitas benih.

Pemberdayaan penyuluh swadaya setempat juga diharapkan dapat menjadi contoh dan memberikan teladan kepada warga petani di sekitarnya, bahwa lahan setelah tanam (bera) sebaiknya segera di tanami kembali, dapat menggunakan varietas padi unggul maupun lokal, hal ini sebagai implementasi UPSUS Mitigasi antisipasi darurat pangan.

Kepala Koordinator BPP Karang Intan Sigit Triyanto menjelaskan program Terus Dorong Kembangkan Petani (Terong Bangtani) dari BPP Karang Intan salah satunya adalah memberdayakan PPS untuk melaksanakan tanam IP 200.

Jurait selaku ketua kelompok tani dan juga PPS melalui program Terong Bangtani didorong untuk melaksanakan tanam 2 kali dengan sistem jajar legowo.

Kepala Desa Sungai Besar Abdul Kadir berharap adanya bantuan perpompaan dari pemerintah maka air akan tercukupi sampai panen nanti. 

"Hal ini pun langsung direspon Mantri Tani Yuniati yang sudah mengupayakan adanya bantuan perpompaan dari Distan semoga terealisasikan," ujarnya. (Brigade Distan Syaripuddin/Sigit) 


Komentar