Sasar Pelajar Wajib KTP El Pemula, Disdukcapil Sambangi MAN 5 Aluh-aluh

Martapura, InfoPublik - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar melaksanakan Jemput Bola (Jempol) layanan percepatan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) di MAN 5 Aluh-aluh, Selasa (30/4/2024). 

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Disdukcapil gencar melakukan kegiatan Jempol pelayanan Wajib Rekam KTP el pemula, terkhusus tempat yang aksesnya sulit atau jauh menuju disdukcapil.

Sekolah atau Madrasah merupakan salah satu tempat yang didatangi oleh disdukcapil untuk mendata pelajar yang wajib rekam KTP pemula. 

Setelah pelajar didata kemudian dilakukan perekaman di tempat, hal ini dilaksanakan untuk memastikan pelajar terpenuhi dokumen kependudukannya. 

Kabid Pendaftaran Penduduk, Harmawati mengharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran administrasi kependudukan serta mempermudah dalam memperoleh dokumen kependudukannya. 

"Selain mendapatkan layanan secara langsung dan memperoleh dokumen kependudukan di tempat, Harapannya bagi pelajar bisa lebih paham serta sadar akan pentingnya dokumen kependudukannya," ungkap Harma.

Ditambahkan Harma bahwa kelompok pelajar mempunyai relasi yang baik dan banyak sehingga apabila salah seorang diantara mereka  mendapatkan layanan disdukcapil dengan mudah, ini bisa memancing kelompoknya agar mau mengurus dokumen kependudukan masing-masing. 

Selain melakukan layanan perekaman KTP el, apabila ada pelajar yang belum mencapai usia wajib rekam KTP,  Disdukcapil tetap akan  merekam  data biometrik dan menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) sehingga apabila umurnya sudah mencukupi, yang bersangkutan tinggal mengajukan pencetakan KTP el nya. 


Komentar