Penyuluh Karang Intan Menanam Padi Lokal Siam Mayang

Martapura, InfoPublik - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karang Intan melaksanakan Tanam Padi Varietas Padi Siam Lokal Matang di desa Mali-Mali, kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Senin (29/4/2024).

Kepala Koordinator BPP Karang Intan Sigit Triyanto menjelaskan program Terong Bangtani dari BPP Karang Intan salah satunya adalah memberdayakan PPS untuk melaksanakan tanam IP 200.

"Kami menanam dengan sistem jajar legowo pola 4:1 percontohan disekitarnya. Penerapan sistem tanam ini dapat meningkatkan produksi padi dengan gabah kualitas benih," ujarnya.

Menurutnya, pemberdayaan penyuluh swadaya setempat juga diharapkan dapat menjadi contoh dan memberikan teladan kepada warga petani di sekitarnya, bahwa lahan setelah tanam (bera) sebaiknya segera di tanami kembali, dapat menggunakan varietas padi unggul maupun lokal, hal ini sebagai implementasi UPSUS Mitigasi antisipasi darurat pangan.

"Menanam padi varietas lokal Siam Mayang sudah lama dilakukan oleh petani khususnya di daerah Kabupaten Banjar. Padi Siam Mayang dikenal memiliki beberapa keunggulan di antaranya tahan terhadap penyakit dan hama, cocok ditanam di tadah hujan, memiliki aroma dan rasa yang khas," jelasnya.

Lanjut Sigit, padi lokal umumnya lebih tahan terhadap hama dan penyakit dibandingkan dengan padi varietas unggul. Hal ini berarti bahwa padi lokal dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan di daerah tersebut.

"Menanam padi varietas lokal memang membutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Namun, manfaat yang diperoleh dari menanam padi lokal akan jauh lebih besar," tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri PPL Karang Intan, PPS dan para petani setempat.(Brigade Distan Syaripuddin/Dwi Retnani)


Komentar