Dinkes Banjar Gelar Evaluasi dan Validasi Data Program Diabetes Melitus

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar Evaluasi dan Validasi Data Program Diabetes Melitus di Bukit Bintang Park and Resort Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Senin (22/4/2024).

Dalam kegiatan ini, Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina mengucapkan terima kasih atas capaian yang diperoleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dalam Program Pelayanan Kesehatan penderita  Diabetes Melitus Tahun 2023 yaitu 100%. 

Yasna berpesan agar petugas pengelola, petugas pengelola SPM puskesmas serta staf seksi P2PTM dan Keswa tetap semangat dan ikhlas dalam bekerja dengan disertai niat yang mulia yaitu melayani masyarakat. Khususnya masyarakat di Kabupaten Banjar.

"Semoga para petugas di puskesmas dapat menjadi contoh ( Role Model) bagi masyarakat dengan rutin memeriksakan diri secara dini dan proaktif dalam kegiatan posbindu ptm dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat sehingga masyarakat sadar akan pentingnya memelihara Kesehatan," harap Yasna.

Dalam kegiatan ini peserta pertemuan mendapatkan materi tentang program Kesehatan penderita  Diabetes Melitus dan materi tentang PTM Prioritas dan paparan data capaian deteksi dini Diabetes Melitus yang didapatkan dari Aplikasi Sehat IndonesiaKu kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kasi P2PTM dan Keswa Candra Galuh Tri Ardiani menyampaikan berdasarkan hasil capaian data ini petugas pengelola Program Diabetes Melitus dapat melihat hasil kinerja mereka selama Tahun 2023 dan mengetahui Skrining PTM Prioritas yang menjadi target kinerja Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan deteksi dini dan capaian pelayanan terhadap Penderita Diabetes Melitus dapat lebih ditingkatkan lagi untuk Tahun 2024," ujarnya.

Dalam kesempatan ini peserta juga dapat menyampaikan kendala dan hambatan yang mereka hadapi di lapangan yaitu mengenai pelayanan kesehatan penderita Diabetes Melitus yang dikategorikan sebagai pelayanan standar.


Komentar