Sinergi Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Gambut

Gambut, InfoPublik - Kecamatan Gambut laksanakan Rapat Koordinasi Puskesos dan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di Aula Kecamatan Gambut, Kamis (4/4/2024).

Mewakili Camat Gambut, Kasi Pemerintahan Kecamatan Gambut Syahrani mengharapkan perlu penguatan semua lini untuk berkontribusi dan tetap semangat menyuguhkan penanggulangan kemiskinan di tempat kita.

Kasi Yankes Rujukan dan Pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar  Muhammad Habibi dan dari BPJS Kesehatan Banjarmasin  Idham Chalid menyampaikan hasil sosialisasi JKN mulai mau masuk jadi peserta, pembayaran sampai cara mencicil BPJS yang terutang.

Penyampaian rencana tindak lanjut merupakan hasil dari sosialisasi bersama pihak Kecamatan, Puskesos,  Dinkes dan BPJS Kesehatan.

Sosialisasi di antaranya berisi bahwa bagi ibu melahirkan peserta PBI Akta Kelahiran dan KK dan segera mengusulkan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Bagi peserta PBI meninggal segera membuat akte kematian dan melaporkan ke Dinsos atau Dinkes. Dan verifikasi dan validasi tetap dilaksanakan oleh Dinas Sosial.

Dari UPT Disdukcapil M. Hendi H menyampaikan KTP elektronik atau Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dijelaskan bahwa IKD sangat mempermudah warga dalam layanan publik hanya tinggal menunjukan melalui smartphone pribadi.

Dengan integrasi IKD ini, maka dalam tata kelola kependudukan ke depan pada proses pelayanan publik akan lebih cepat dan efisien, data menjadi sinkron dan terpadu yang bisa diperiksa melalui smartphone pribadi dan otomatis berdampak pada kualitas layanan bagi masyarakat.

Kasi Kesejahteraan Kecamatan Gambut mengajak bersinergi kepada semua pihak terlibat untuk mensukseskan program pemerintah. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar