DPKP Banjar Amankan Lebah di Aranio

Sarang Tawon yang berada di rumah apung milik Fizi di Desa Tiwingan Baru, Bukit Batas, Kecamatan Aranio, Rabu (24/1/2024) diamankan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar.. 


“Setelah menerima informasi pukul 08:00 tim Rescue DPKP Kabupaten Banjar berkoordinasi untuk malam hari agar tawon tidak agresif, di lokasi ternyata didapati Tawon berjenis Vespa Affinis yang bersarang di atas atap rumah tersebur,”ungkap M Kasyaf R Kepala Bidang Pemadaman Penyelamatan dan Sapras DPKP Kabupaten Banjar.

Dikatakan Kasyaf setelah disemprot dengan bahan bakar minyak jenis pertalite, mengakibatkan aroma yang menyengat dan dengan Indra penciuman tawon yang kuat maka membuat tawon terusik dan keluar dari sarang.

Ia menambahkan, Setelah tawon sudah aman dan tidak ada lagi, maka kita melakukan penghancuran sarang tawon. 

"Memastikan kondisi sarang benar-benar hancur supaya tawon tidak kembali lagi, kemudian petugas memastikan sampai situasi benar benar aman, selesai penanganan 22:35,"jelas dia.

Petugas Teknis DPKP dipimpin Ahmad Sayuti untuk evakuasi ini mengatakan "Evakuasi kali ini perjalanan memakan waktu, 2 jam di darat 1 jam di air itu sudah bolak balik. Selain bertugas kami juga menikmati pemandangan air juga bukit-bukit yang mengelilingi perjalanan kali ini. Kalau di kota kan sudah sering, jadi baru kali ini penanganan disini,"

Fizi sangat berterimakasih kepada DPKP Kabupaten Banjar sudah membantu untuk menghancurkan sarang tawon.

“Kita takut saat panen ikan atau ada aktivitas diatas sini menyengat saya atau yang lain, syukur Damkar Banjar sigap menangani"ungkap dia. (IP Kab. Banjar/Brigade/DPKP/REGU1/SAY17) 


Komentar