Dinkes Laksanakan Pertemuan Entri dan Validasi Data TB Triwulan IV

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar melaksanakan Pertemuan Entri dan Validasi Data TB Triwulan IV Tahun 2023, di aula Bappedalitbang, Selasa (14/11/2023).

Kabid P2P Marzuki mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, mengatakan dan mengingatkan pentingnya pertemuan ini guna mengetahui jumlah kasus TBC yang ditemui di seluruh wilayah Kabupaten Banjar dan menemukan solusi/cara mengurangi dan juga mencegah berkembangnya kasus ini.

Kasi P2PM Mariana menambahkan dalam kegiatan ini juga perlu diingatkan untuk semua fasyankes (Puskesmas dan Rumah Sakit) agar meningkatkan pengiriman sampel TCM untuk diagnosis.

"Melaporkan semua kasus TBC yang ditemukan di fasyankes dan hasil pengobatan kasus TBC SO serta kasus TBC RO melalui aplikasi Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB)," jelasnya.

Selain itu, menurunkan Under-reporting cases, menindaklanjuti alert dan reminder SITB.
Memastikan seluruh data di form manual/buku rekam medis dicatat di SITB dan memberikan umpan balik kepada fasyankes terkait data yang perlu dilengkapi pada SITB.

Pada kegiatan inidihadiri Wasor TB Dinkes Banjar, Technical Officer TB Dinkes, Pengelola TB di 25 Puskesmas, Enam Rumah Sakit di Kabupaten Banjar, Lapas Perempuan Martapura dan Pengelola Instalasi Farmasi. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar