Distan Banjar Ajak Masyarakat Laksanakan Gernang Dampak Perubah Iklim

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka upaya mengatasi perubahan iklim, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar mengajak masyarakat melaksanakan Gerakan Penanganan (Gernang) dampak perubahan iklim.

Kegiatan dibuka Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty, Kamis (9/11/2023).

"Aksi mitigasi dan adaptasi, yang dapat dilakukan pada tingkat individu, kelompok dan masyarakat. Dalam arti, masyarakat dapat memberikan kontribusi signifikan melalui perubahan perilaku yang mendukung upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," ucap Imelda.

Menurutnya, Gerakan Penanganan Dampak Perubahan Iklim merupakan suatu usaha penting untuk melindungi produksi padi dari efek negatif perubahan iklim. Ini melibatkan pengembangan varietas tahan iklim ekstrem, penerapan praktik pertanian berkelanjutan, dan pemanfaatan teknologi modern untuk menjaga hasil produktivitas padi guna terciptanya ketahanan pangan.

"Gerakan ini dilaksanakan dengan semangat dalam bentuk kegiatan menyusuri anak sungai untuk membersihkan sampah dan tumbuhan yang menghambat aliran sungai," tutupnya. 

Hadir juga PPL Kecamatan Martapura Barat, Babinsa, Aparat desa bersama masyarakat dan kelompok tani. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar