Dinkes Banjar Gelar Pelatihan Nakes Puskesmas Program Keluarga Sigap

Martapura, InfoPublik - Menunjang tumbuh kembang anak, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melaksanakan pelatihan tenaga kesehatan Puskesmas untuk program keluarga Siaga Dukung Kesehatan Siap Hadapi Masa Depan (SIGAP) di hotel Roditha Banjarbaru, yang dilaksnakan dari 7 - 8 November 2023.

 

Kepala Bidang Kesehtan Masyarakat dr. Widya Wiri Utami mengatakan keberadaan Program Keluarga SIGAP menjadi faktor pendukung yang sangat penting bukan saja bagi penurunan angka stunting, tetapi juga menciptakan sebuah ekosistem yang sangat menunjang bagi tumbuh kembang anak -anak BADUTA (bawah 2 tahun) dengan melaksanakan 3 (tiga) perubahan Perilaku (Imunisasi, Kebiasaan CTPS dan Kesimbangan Gizi) di wilayah kerja Kabupaten Banjar, khususnya di 6 (enam) kecamatan dan 8 (delapan) Puskesmas yang terpilih menjadi area Pilot Projek Program ini.

 

Keluarga Sigap adalah Keluarga Siaga Dukung Kesehatan Siap Hadapi Masa Depan. Program Keluarga Sigap mempromosikan tiga perilaku bagi orang tua dengan anak usia 0-24 bulan. Tiga perilaku tersebut adalah:

 

1) Imunisasi rutin, lengkap dan tepat waktu,

2) Cuci Tangan PakaiSabun (CTPS), dan 

3) Makanan bergizi bagi anak.

 

“Program ini dirancang untuk mendukung program Kementerian Kesehatan dalam melakukan  transformasi sistem kesehatan khususnya transformasi layanan primer yaitu Edukasi Penduduk tentang Imunisasi, CTPS dan Gizi,” terang Widya.

 

Diseminasi Program Keluarga SIGAP telah dilaksanakan di Kabupaten Banjar, pada tanggal 21 September 2023 lalu bertempat di Hotel Aston Banua, maka sehubungan dengan itu dilaksanakanlah pelatihan Tenaga Kesehatan Puskesmas di Wilayah dampingan Program Keluarga Sigap, yang akan di fasilitasi oleh Tim Pelatih dari Lintas Program di Dinas Kesehatan sebagaimana kesepakatan hasil pertemuan Orientasi Modul dan Media Keluarga Sigap yang dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2023

Melalui kegiatan Pelatihan Tenaga Kesehatan Puskesmas Program Keluarga SIGAP diharapkan peserta yang dilatih akan menjadi lebih ahli dan kompeten karena mereka ini akan melatih Kader Posyandu di wilayah Puskesmas masing-masing untuk melaksanakan program SIGAP.

 

Peserta Tim Lintas Program Puskesmas Kabupaten Banjar 8 Puskesmas (PKM Aluh-Aluh, PKM Sungai Tabuk 1, PKM Sungai Tabuk 3, PKM Martapura 1, PKM Martapura 2, PKM Martapura Timur, PKM Astambul, dan PKM Simpang Empat 2) terdiri dari 4 orang ( Promkes (wajib), Imunisasi, Gizi dan Kesling). (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar